NEWS

Post Top Ad

#

Sunday, December 27, 2015

Apa itu forehand dalam badminton ?

Kali ini Hieq akan memberikan Info tentang Badminton, yaitu tentang Apa dimaksud dengan Forehand. Ok tanpa panjang lebar kita simak saja.

Apa itu pukulan forehand dalam bulutangkisBadminton ? Forehand adalah pukulan yang diayun dari belakang badan kita dengan arah depan raket dan telapak tangan kita menghadap bola. Pukulan forehand adalah pukulan standard yang paling mudah diajarkan dalam memukul shuttlecock.

Gambar diatas adalah cara memegang raket forehand atau grip untuk forehand. Perhatikan cara memegangnya, pegang raket dengan sisi senar menghadap kiri dan kanan. Posisi telapak tangan membentuk huruf V, disini yang penting adalah pegangan jari telunjuk dan jempol tangan harus kuat memegang grip raket. Untuk mengetahunya, bisa dilakukan dengan memegang raket hanya dengan telunjuk dan jempol tangan saja, dengan membentuk huruf V seperti gambar diatas.

 Kemudian bagaimana posisi tubuh yang benar ?. Tujuan posisi tubuh yang benar ini adalah ketika tangan mengayunkan raket dan memukul shuttlecock, maka tubuh ikut bergerak untuk membantu ayunan tangan. Sehingga pukulan jadi jauh lebih keras.

Coba perhatikan gambar diatas, ketika bola datang. Pastikan posisi seperti gambar paling kiri. Yaitu kaki kiri didepan dan kaki kanan dibelakang (garis lurus menghadap bola) . Posisi badan juga sama, dimiringkan sejajar dengan arah kaki. Waktu bola dipukul (righthanded) maka sambil gerakkan bahu kanan kedepan. Maka pukulan akan jauh lebih keras.

Teknik posisi ini biasanya digunakan untuk forehand clear (pukulan jauh kebelakang), smash ataupun dropshot (pukulan dgn shuttlecock diatas kepala (Overhead) menuju ke net lawan)

Nah... bagaimana ? sudah tau mengenai forehand dalam badminton kan ?

3 comments:

Post Top Ad

#